Sabtu, 02 Mei 2009

Tentang Yayasan Borneo Lestari

Yayasan Borneo Lestari atau Borneo Lestari Foundation (BLF) didirikan di Kumai pada tangga 6 Oktober 2007 bertepatan dengan 24 Ramadhan 1428H dengan maksud untuk menggerakkan keperdulian terhadap lingkungan, melindungi warisan alam yang ada di Kalimantan khususnya dan berkontribusi atas gerakan lingkungan secara global.

Pendirian yayasan ini didasarkan kesadaran bahwa partisipasi masyarakat awam hingga para pengambil kebijakan sangat diperlukan dalam memelihara kesehatan lingkungan bersama. Perkumpulan ini diharapkan pula menjadi sebuah wadah untuk mengorganisasi masyarakat di tingkat akar rumput dalam ikut berpartisipasi menghadapi perubahan lingkungan, menyalurkan aspirasinya pada pengambil kebijakan yang berfungsi sebagai kontrol atas kebijakan yang tidak pro pada perawatan lingkungan dan pertimbangan kesehatan ekosistem lokal maupun global dimasa yang akan datang.

Oleh sebab itu, BLF juga akan menitikberatkan penyadaran lingkungan dari mulai tataran kebijakan hingga tingkat aksi akan dilakukan secara terpadu bekerjasama bahu membahu untuk menuju sebuah kemaslahatan dan kesejahteraan jangka panjang.

BLF bertujuan mengembangkan kapasitas masyarakat madani yang mampu ikut berperan serta dalam membangun masyarakat adil makmur sejahtera sesuai dengan amanat Undang Undang Dasar 1945. Dalam aksinya perkumpulan inipun akan mengemukakan strategi persuasif dan kemitraan dalam upaya menyokong pembangunan dan kesejahteraan masyarakat banyak dengan mendasarkan pada pemahaman ilmiah dan pembangunan yang berkelanjutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar